Evaluasi terhadap Hasil RPJMD
Kabupaten Pemerintah Kabupaten Sleman
Periode Pelaksanaan : Tahun 2016 - Tahun 2021
Sasaran Pembangunan Jangka Menengah :
Meningkatnya Kualitas Pendidikan dan Aksesibilitas Pendidikan
NO | Program Prioritas / Indikator Kinerja | Data Capaian pada Awal Tahun Perencanaan | Target pada Akhir Tahun Perencanaan | Target RPJMD Kabupaten Pada RKPD Kabupaten Tahun Ke- | Capaian Target RPJMD Kabupaten Melalui Pelaksanaan RKPD Tahun Ke- | Tingkat Capaian Target RPJMD Kabupaten Hasil Pelaksanaan RKPD Kabupaten Tahun Ke-(%) | Capaian Pada Akhir Tahun Perencanaan | Rasio Capaian Akhir (%) | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | 2021 | 2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | 2021 | 2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | 2021 | |||||||||||||||||||||||||||
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) | (7) | (8) | (9) | (10) | (11) | (12) | (13) | (14) | (15) | (16) | (17) | (18) | (19) | (20) | (21) | (22) | (23) | (24) | |||||||||||||||||||||
K | Rp | K | Rp | K | Rp | K | Rp | K | Rp | K | Rp | K | Rp | K | Rp | K | Rp | K | Rp | K | Rp | K | Rp | K | Rp | K | Rp | K | Rp | K | Rp | K | Rp | K | Rp | K | Rp | K | Rp | K | Rp | |||
1.01.01.15 | Program Pendidikan Anak Usia Dini | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1 | terlayaninya pendidikan anak usia dini umur 0-6 tahun | 100 | 78.2 | 2,147,483,647 | 78.2 | 2,147,483,647 | 100 | 100 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.01.01.16 | Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1 | angka partisipasi kasar (APK) jenjang SD/MI | 100 | 100 | 2,147,483,647 | 116.9 | 2,147,483,647 | 117 | 100 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2 | angka partisipasi kasar (APK) jenjang SMP/MTs | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2x | angka partisipasi murni (APM) jenjang SD/MI | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4 | angka partisipasi murni (APM) jenjang SMP/MTs | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.01.01.17 | Program Pendidikan Menengah | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1 | angka partisipasi kasar (APK) jenjang SMA/SMK/MA | 100 | 86.45 | 2,147,483,647 | 87.46 | 2,147,483,647 | 101 | 100 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2 | angka partisipasi murni (APM) jenjang SMA/SMK/MA | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.01.01.18 | Program Peningkatan Kualitas Pendidikan Non Formal | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1 | lembaga pendidikan non formal dan informal (PNFI) yang berizin dari dinas dikpora kabupaten sleman | 84 | 74 | 1,634,643,800 | 74.54 | 1,376,981,130 | 101 | 84 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2 | meningkatnya angka melek huruf di kabupaten sleman | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3 | terbentuknya desa berkarakter | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.01.01.20 | Program Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1 | persentase guru yang memiliki kualifikasi S1/D4 | 100 | 88 | 2,147,483,647 | 90.38 | 2,147,483,647 | 103 | 100 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.01.01.22 | Program Manajemen Pelayanan Pendidikan | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1 | persentase pengelolaan sekolah yang memenuhi manajemen mutu berbasis sekolah (SPM) | 100 | 97 | 2,147,483,647 | 100 | 2,147,483,647 | 103 | 100 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2 | persentase sekolah yang sudah menerapkan standar pelayanan minimal (SPM) | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.01.01.23 | Program Pengembangan Kreativitas Siswa dan Guru | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1 | jumlah guru yang kreatif dan mengikuti lomba | 86 | 66 | 2,147,483,647 | 72 | 1,851,962,680 | 109 | 86 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2 | meningkatnya jumlah prestasi siswa baik akademis dan non akademis kabupaten | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3 | provinsi | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4 | nasional | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.02.08.21 | Program Penanggulangan Narkoba, PMS termasuk HIV/AIDS | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1 | Jumlah desa yang telah mendapat orientasi HIV/AIDS | 98 | 6 | 150,407,850 | 6 | 146,898,350 | 100 | 98 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.02.13.15 | Program Pengembangan dan Keserasian Kebijakan Pemuda | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1 | tersedianya dokumentasi data potensi kepemudaan | 92 | 1 | 202,443,450 | 1 | 186,548,700 | 100 | 92 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.02.13.16 | Program Peningkatan Peran Serta Kepemudaan | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1 | persentase ormas kepemudaan yang aktif | 84 | 90 | 345,983,450 | 90.32 | 289,806,850 | 100 | 84 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.02.13.17 | Program Peningkatan Upaya Penumbuhan Kewirausahaan dan Kecakapan Hidup Pemuda | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1 | persentase ormas pemuda yang aktif dibidang kewirausahaan | 100 | 25 | 75,727,500 | 22.58 | 75,627,500 | 90 | 100 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.02.13.18 | Program Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1 | meningkatnya pemahaman pemuda tentang bahaya penyalahgunaan Napza | 97 | 22 | 634,740,500 | 90.32 | 615,807,600 | 411 | 97 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2 | jumlah satuan tugas (satgas) narkoba tingkat desa | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.02.13.19 | Program Pengembangan Kebijakan dan Manajemen Olahraga | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1 | persentase keaktifan budaya olahraga di sekolah | 98 | 90.6 | 77,096,900 | 90.6 | 75,642,380 | 100 | 98 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.02.13.20 | Program Pembinaan dan Pemasyarakatan Olahraga | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1 | persentase prestasi olahraga pelajar | 93 | 73 | 1,869,395,900 | 85 | 1,732,127,230 | 116 | 93 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.02.13.21 | Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Olahraga | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1 | persentase saran dan prasarana olahraga yang layak | 98 | 83 | 213,900,000 | 83.25 | 209,989,150 | 100 | 98 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.02.17.16 | Program Pengembangan Budaya Membaca | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1 | persentase minat membaca masyarakat | 99 | 56.91 | 789,105,250 | 56.98 | 778,671,600 | 100 | 99 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.02.17.17 | Program Pengembangan dan Pembinaan Perpustakaan | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1 | meningkatnya pengelolaan perpustakaan desa dan masyarakat | 98 | 4 | 580,396,975 | 4 | 567,325,400 | 100 | 98 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Rata-rata capaian kinerja (%) | 73 | 58 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Predikat kinerja | Sedang | Rendah | Sangat Rendah | Sangat Rendah | Sangat Rendah | Sangat Rendah | Sangat Rendah | Sangat Rendah | Sangat Rendah | Sangat Rendah | Sangat Rendah | Sangat Rendah | ||||||||||||||||||||||||||||||||
Faktor pendorong keberhasilan pencapaian | Ketersediaan anggaran dan berpindahnya sebagian kewenangan pendidikan (menengah) ke propinsi sehingga mengurangi beban kabupaten | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Faktor penghambat pencapaian kinerja | Penyandang buta huruf kebanyakan lansia yang menilai dirinya tidak perlu lagi belajar membaca dan menulis sehingga sulit ditangani, pemuda lebih memilih mencari kerja yang sudah mapan daripada berwirausaha | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tindak lanjut yang diperlukan dalam RKPD Kabupaten berikutnya | Sosialisasi yang lebih intensif dan penggunaan metode pembelajaran yang lebih pas dalam penanganan buta huruf bagi lansia, menumbuhkembangkan jiwa wirausaha kepada para pemuda | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tindak lanjut yang diperlukan dalam RPJMD Kabupaten berikutnya | Peningkatan kualitas pendidikan dan aksesibilitas pendidikan menjadi salah satu prioritas |