Evaluasi terhadap Hasil RPJMD
Kabupaten Pemerintah Kabupaten Sleman
Periode Pelaksanaan : Tahun 2016 - Tahun 2021

Sasaran Pembangunan Jangka Menengah :
Meningkatnya Kualitas Pendidikan dan Aksesibilitas Pendidikan

NO Program Prioritas / Indikator Kinerja Data Capaian pada Awal Tahun Perencanaan Target pada Akhir Tahun Perencanaan Target RPJMD Kabupaten Pada RKPD Kabupaten Tahun Ke- Capaian Target RPJMD Kabupaten Melalui Pelaksanaan RKPD Tahun Ke- Tingkat Capaian Target RPJMD Kabupaten Hasil Pelaksanaan RKPD Kabupaten Tahun Ke-(%) Capaian Pada  Akhir Tahun Perencanaan Rasio Capaian Akhir (%)
2016 2017 2018 2019 2020 2021 2016 2017 2018 2019 2020 2021 2016 2017 2018 2019 2020 2021
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) (11) (12) (13) (14) (15) (16) (17) (18) (19) (20) (21) (22) (23) (24)
K Rp K Rp K Rp K Rp K Rp K Rp K Rp K Rp K Rp K Rp K Rp K Rp K Rp K Rp K Rp K Rp K Rp K Rp K Rp K Rp K Rp
1.01.01.15 Program Pendidikan Anak Usia Dini
1 terlayaninya pendidikan anak usia dini umur 0-6 tahun 100 78.2 2,147,483,647 78.2 2,147,483,647 100 100
1.01.01.16 Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun
1 angka partisipasi kasar (APK) jenjang SD/MI 100 100 2,147,483,647 116.9 2,147,483,647 117 100
2 angka partisipasi kasar (APK) jenjang SMP/MTs
2x angka partisipasi murni (APM) jenjang SD/MI
4 angka partisipasi murni (APM) jenjang SMP/MTs
1.01.01.17 Program Pendidikan Menengah
1 angka partisipasi kasar (APK) jenjang SMA/SMK/MA 100 86.45 2,147,483,647 87.46 2,147,483,647 101 100
2 angka partisipasi murni (APM) jenjang SMA/SMK/MA
1.01.01.18 Program Peningkatan Kualitas Pendidikan Non Formal
1 lembaga pendidikan non formal dan informal (PNFI) yang berizin dari dinas dikpora kabupaten sleman 84 74 1,634,643,800 74.54 1,376,981,130 101 84
2 meningkatnya angka melek huruf di kabupaten sleman
3 terbentuknya desa berkarakter
1.01.01.20 Program Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
1 persentase guru yang memiliki kualifikasi S1/D4 100 88 2,147,483,647 90.38 2,147,483,647 103 100
1.01.01.22 Program Manajemen Pelayanan Pendidikan
1 persentase pengelolaan sekolah yang memenuhi manajemen mutu berbasis sekolah (SPM) 100 97 2,147,483,647 100 2,147,483,647 103 100
2 persentase sekolah yang sudah menerapkan standar pelayanan minimal (SPM)
1.01.01.23 Program Pengembangan Kreativitas Siswa dan Guru
1 jumlah guru yang kreatif dan mengikuti lomba 86 66 2,147,483,647 72 1,851,962,680 109 86
2 meningkatnya jumlah prestasi siswa baik akademis dan non akademis kabupaten
3 provinsi
4 nasional
1.02.08.21 Program Penanggulangan Narkoba, PMS termasuk HIV/AIDS
1 Jumlah desa yang telah mendapat orientasi HIV/AIDS 98 6 150,407,850 6 146,898,350 100 98
1.02.13.15 Program Pengembangan dan Keserasian Kebijakan Pemuda
1 tersedianya dokumentasi data potensi kepemudaan 92 1 202,443,450 1 186,548,700 100 92
1.02.13.16 Program Peningkatan Peran Serta Kepemudaan
1 persentase ormas kepemudaan yang aktif 84 90 345,983,450 90.32 289,806,850 100 84
1.02.13.17 Program Peningkatan Upaya Penumbuhan Kewirausahaan dan Kecakapan Hidup Pemuda
1 persentase ormas pemuda yang aktif dibidang kewirausahaan 100 25 75,727,500 22.58 75,627,500 90 100
1.02.13.18 Program Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba
1 meningkatnya pemahaman pemuda tentang bahaya penyalahgunaan Napza 97 22 634,740,500 90.32 615,807,600 411 97
2 jumlah satuan tugas (satgas) narkoba tingkat desa
1.02.13.19 Program Pengembangan Kebijakan dan Manajemen Olahraga
1 persentase keaktifan budaya olahraga di sekolah 98 90.6 77,096,900 90.6 75,642,380 100 98
1.02.13.20 Program Pembinaan dan Pemasyarakatan Olahraga
1 persentase prestasi olahraga pelajar 93 73 1,869,395,900 85 1,732,127,230 116 93
1.02.13.21 Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Olahraga
1 persentase saran dan prasarana olahraga yang layak 98 83 213,900,000 83.25 209,989,150 100 98
1.02.17.16 Program Pengembangan Budaya Membaca
1 persentase minat membaca masyarakat 99 56.91 789,105,250 56.98 778,671,600 100 99
1.02.17.17 Program Pengembangan dan Pembinaan Perpustakaan
1 meningkatnya pengelolaan perpustakaan desa dan masyarakat 98 4 580,396,975 4 567,325,400 100 98
Rata-rata capaian kinerja (%) 73 58 0 0 0 0 0
Predikat kinerja Sedang Rendah Sangat Rendah Sangat Rendah Sangat Rendah Sangat Rendah Sangat Rendah Sangat Rendah Sangat Rendah Sangat Rendah Sangat Rendah Sangat Rendah
Faktor pendorong keberhasilan pencapaian Ketersediaan anggaran dan berpindahnya sebagian kewenangan pendidikan (menengah) ke propinsi sehingga mengurangi beban kabupaten
Faktor penghambat pencapaian kinerja Penyandang buta huruf kebanyakan lansia yang menilai dirinya tidak perlu lagi belajar membaca dan menulis sehingga sulit ditangani, pemuda lebih memilih mencari kerja yang sudah mapan daripada berwirausaha
Tindak lanjut yang diperlukan dalam RKPD Kabupaten berikutnya Sosialisasi yang lebih intensif dan penggunaan metode pembelajaran yang lebih pas dalam penanganan buta huruf bagi lansia, menumbuhkembangkan jiwa wirausaha kepada para pemuda
Tindak lanjut yang diperlukan dalam RPJMD Kabupaten berikutnya Peningkatan kualitas pendidikan dan aksesibilitas pendidikan menjadi salah satu prioritas